Etika Seorang Operator Salah Satu Kartu Kredit di Indonesia

Ibu saya pernah mempunyai pengalaman yang buruk atas pelayanan salah satu kartu kredit yang cukup ternama di Indonesia. Menurut saya hal ini tidak pantas dilakukan seseorang yang pekerjaannya berhubungan dengan pelayanan terhadap customer atau nasabah. Yang saya maksud “operator” disini adalah seseorang yang bertugas menginformasikan kepada nasabah bahwa tanggal pembayaran cicilan kartu kreditnya sudah jatoh tempo dan meminta nasabah untuk segera melunasi cicilan tersebut.

Begini ceritanya, suatu saat ibu saya telat membayar cicilan kartu kredit tersebut atau sudah lewat dari tanggal jatoh tempo pembayaran. Tapi hal itu karena bertepatan dengan hari sabtu dimana kantor pos tutup (ibu saya biasa melakukan pembayaran melalui kantor pos). Kalau hari minggu juga tidak mungkin, kebetulan juga hari senin bertepatan dengan tanggal merah (ada libur nasional), yang tidak memungkinkan juga melakukan pembayaran.

Keesokan harinya, ibu saya meminta tolong ayah saya untuk membayarnya lewat Bank Mandiri tapi tanpa disengaja ayah saya salah memasukkan no.rekeningnya jadi tidak bisa dilakukan pembayaran pada hari itu melainkan keesokan harinya. Siangnya ibu saya di telpon oleh operator dari kartu kredit tersebut, operator itu langsung memarahi ibu saya sebelum ibu saya sempat menjelaskan duduk persoalannya. Ibu saya tidak terima diperlakukan seperti itu. Sorenya orang itu telpon lagi,tapi saking masih keselnya ibu saya nggk mau menjawabnya akhirnya ayah saya yang menjawab dan kebetulan yang menelpon orang yang sama. ayah saya pun langsung menjelaskan duduk permasalahannya bahwa telat pembayaran bukan karena disengaja melainkan karena tidak disengaja. Akhirnya dia mengerti dan meminta maaf atas kesalahpahaman ini.

Menurut saya sikap seperti ini tidak pantas dilakukan oleh seseorang yang pekerjaannya berhubungan dengan nasabah yang seharusnya memberikan pelayanan yang baik dan dapat bersikap ramah. Walaupun ibu saya telat membayar, tapi hal itu di luar keinginan ibu saya karena ada hal-hal seperti yang telah saya ceritakan tadi.

Kami cukup kecewa dengan pelayanan yang demikian, saran saya tolong diberikan pelatihan etika yang lebih baik lagi terhadap pegawainya tentang bagaimana bersikap ramah dan baik dalam menghadapi nasabah.

Saya menulis ini hanya untuk berbagi pengalaman saja, menurut kalian bagaimana dengan pengalaman ini?apakah pantas sikap operator tersebut?

Tentang uwiiii

suka baca novel dan suka segala sesuatu yang humoris. Ga usah terlalu serius lah tapi adakalanya keseriusan dibutuhkan dalam menghadapi sesuatu.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Etika Seorang Operator Salah Satu Kartu Kredit di Indonesia

  1. Dini berkata:

    Emang begitu pelayanan kartu kredit..
    sabar ja ..^-^

Tinggalkan Balasan

