JAKARTA, WASPADA BANJIR!

Musim hujan telah kembali datang, waspada bagi seluruh warga Jakarta. Jakarta banjir?hmmm.. bukan hal baru bagi kita, setiap musim hujan datang, berita-berita di televisi dipenuhi dengan berita mengenai “Banjir”. Mungkin bukan hanya di Jakarta saja yang terlada banjir, tapi hampir seluruh daerah di JABODETABEK. Sebenarnya bukan hunjannya yang salah, tetapi kitanya sebagai warga yang salah yang tidak bisa menjaga lingkungan sekitar. Masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan, apa susahnya membuang sampah pada tempatnya, toh ini juga untuk kebaikan kita semua. Malu juga, masa DKI Jakarta yang notabenenya ibu kota Indonesia terlanda banjir. Lebih miris lagi, banjir juga melanda Bandara Internasional Soekarno Hatta. Soekarno Hatta adalah bandara internasional, otomatis banyak wisatawan yang datang dari berbagai Negara ke Indonesia dan apa yang terjadi jika Akses jalan Bandara saja terendam banjir? Hanya satu kata yang bisa saya ungkapkan adalah “Malu”. Gambar berikut ini adalah gambar yang saya dapatkan dari http://metro.vivanews.com/news/read/107272-sampah_jakarta_1_500_ton_per_hari_saat_banjir

Gambar ini adalah gambar yang terjadi setelah banjir surut dan yang terlihat hanyalah sampah-sampah menumpuk. Dan sampah-sampah inilah yang menyebabkan banjir karena tersumbatnya saliran sungai akibat sampah-sampah ini. Miris bukan melihatnya?

Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi kalau saja masyarakat sadar untuk tidak membuang sampah sembaranga seperti di sungai. Hal ini seperti peribahasa ”akibat nila setitik, rusak susu sebelanga” yang artinya ”akibat sampah yang sedikit demi sedikit kita buang sembarangan, banjir melanda dan merugikan warga itu sendiri”, cocokkan dengan peribahasa tersebut?

Ada fenomenal menarik jika kita lihat lewat tayangan berita di tv, ketika banjir datang, warga malah senang tidak terlihat guratan sedih ataupun gelisah. Sebaliknya banyak terlihat anak-anak kecil yang berenang seolah menandakan mereka senang menyambut banjir. Seperti yang terlihat pada gambar yang saya ambil dari

Di gambar tersebut terlihat anak-anak kecil yang berenang dengan wajah yang senang. Mereka tidak tahu bahaya dari air banjir tersebut. Bisa dilihat dari warnabnya saja sudah tidak enak dilihat dan pasti menimbulkan berbagai macam penyakit. Disinalah seharusnya peran orang tua untuk melarang anak mereka untuk berenang di air banjir.

Sebenarnya Banjir bisa kita hindari dengan cara yang sangat mudah dan sederhana sekali yaitu membuang sampah pada tempatnya. Apalagi sekarang sudah berkurangnya tanggul yang ada di Jakarta untuk menampung air hujan salah satunya yaitu Tanggul Situ Gintung. Situ Gintung juga berfungsi untuk menampung air hujan yang turun, tapi dengan peristiwa jebolnya Tanggul Situ Gintung beberapa bulan yang lalu dan belum diperbaikinya Tanggul tersebut sampai saat ini maka Banjir mengancam Ibu Kota.

Tentang uwiiii

suka baca novel dan suka segala sesuatu yang humoris. Ga usah terlalu serius lah tapi adakalanya keseriusan dibutuhkan dalam menghadapi sesuatu.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke JAKARTA, WASPADA BANJIR!

  1. Pasang Iklan berkata:

    Waspada Banjir…
    walaupun musim hujan belum begitu signifikan.
    namun kita harus waspada akan datangnya banjir.
    apalagi bagi kita yang tinggal disekitar wilayah yang langganan banjir.

    curah hujan memang belum meningkat.
    tetapi kita harus dari sekarang untuk tetap waspada menghadapi banjir.

    mungkin banjir sudah menjadi langganan bagi tiap2 daerah tertentu.
    dimana banjir ini diakibatkan oleh kita sendiri, yang masih saja membuang sampah sembarangan dan juga tidak menjaga lingkungan kita.

    marilah kita jaga lingkungan serta alam kita ini.
    agar dampak positif yang akan menghampiri kita.

    Iklan

    • uwiiii berkata:

      iya betul, kita harus tetap waspada. Kalau bukan kita yang menjaga bumi ini, siapa lagi? maka dari itu sayangilah bumi tercinta ini agar terbebas dari banjir tidak hanya di ibu kota tapi di kota-kota lainnya juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s