Waspada Penipuan!

Akhir-akhir ini telah banyak terjadi penipuan yang memakan banyak korban. Misalnya melalui pemberian hadiah undian yang illegal atau melalui sms yang biasanya mengatasnamakan sebuah provider telephone selular atau sebuah stasiun televisi. Disinilah seharusnya kita bisa memakai logika karena terkadang jika seseorang mendapatkan sesuatu yang memang sedang benar-benar dibutuhkan (misalnya lagi butuh uang, lalu tiba-tiba mendapatkan hadiah uang berjuta-juta), kita biasanya tidak berpikir panjang akan hal itu tanpa mengkonfirmasi ulang apakah memang benar adanya. Mungkin ini sepele menurut kalian, tapi dari kesepelean itu akan membawa dampak besar jika hal tersebut terjadi.

Modus seperti ini sudah banyak memakan korban dan kebanyakan dari mereka tertipu lewat modus “SMS”. Sebenarnya modus “SMS” ini cara kerjanya sangat mudah sekali hanya dengan menerima sebuah “SMS” yang menginformasikan bahwa pelanggan mendapatkan sejumlah uang puluhan juta rupiah dengan beberapa syarat tetentu seperti misalnya harus mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening yang sudah dicantumkan di “SMS” tersebut atau harus menghubungi nomor telephone yang nantinya akan diberi petunjuk selanjutnya salah satunya disuruh menstransfer sejumlah uang muka terlebih dahulu.

Saya punya pengalaman dimana hal ini terjadi pada ayah saya. Waktu itu ayah saya mendapat sebuah “SMS” yang berisi bahwa ayah saya mendapatkan sejumlah uang sebesar Rp.100.000.000 dan diharap segera menghubungi salah satu nomor yang ada di “SMS’ tersebut. Sebenarnya saya dan ayah saya tidak percaya akan berita ini tapi karena kami penasaran akhirnya kami mencoba untuk menelpon nomor itu dan memang benar nomor tersebut tersambung dengan seorang bapak yang menjawabnya. Ayah saya menannyakan maksud dari “SMS” tersebut dan meminta petunjuk selanjutnya. Orang tersebut langsung memeberitahu ayah saya untuk segera datang ke kantor di daerah Sudirman dan tidak lama kemudian telephonenya ditutup oleh orang tersebut. Saya dan ayah saya bingung sesaat dan langsung tertawa aneh mendengar gelagat orang tersebut seperti terburu-buru takut ketahuan kedoknya. Karena masih penasaran, tidak beberapa lama kemudian kami pun menghubunginya kembali dan nomornya langsung tidak aktif. Mungkin pengalaman saya ini alhamdulillah tidak sampai masuk ke dalam perangkap tersebut. Tapi pengalaman saya ini bisa dijadikan pelajaran bagi kawan-kawan semua.

Kita harus tetap waspada atas berbagai macam bentuk penipuan baik secara fisik maupun melalui perangkat teknologi seperti handphone. Jangan mudah percaya dengan janji-janji yang memberikan segudang hadiah. Akan lebih baik lagi jika kita melakukan konfirmasi akan kebenaran hal tersebut. Biasanya jika memang benar kita mendapatkan sebuah undian memenangkan hadiah uang, mobil dan lain sebagainya, kita akan mendapat konfirmasi langsung dari pihak tersebut. Banyak pihak-pihak yang dirugikan baik korbannya sendiri maupun pihak yang dengan sengaja disangkutpautkan. Maka dari itu, sekarang banyak klarifikasi yang dilakukan baik oleh setiap stasiun televisi atau sebuah provider telephone selular bahwa mereka tidak pernah memberitahukan kepada penonton atau pelanggan yang memang benar mendapatkan hadiah melalui “SMS”, tapi mereka akan melakukan konfirmasi langsung melalui sebuah surat resmi atau telephone. Jadi memang dari diri kita sendiri yang harus selalu waspada dimanapun dan kapanpun.

Tentang uwiiii

suka baca novel dan suka segala sesuatu yang humoris. Ga usah terlalu serius lah tapi adakalanya keseriusan dibutuhkan dalam menghadapi sesuatu.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Waspada Penipuan!

  1. vmzumgmi berkata:

    fXf4jG skydoewjikdi, [url=http://uiwuarpoulhd.com/]uiwuarpoulhd[/url], [link=http://lwghdrlnqfnd.com/]lwghdrlnqfnd[/link], http://yzkpbxqlvdmk.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s