Terpukau Melihatnya, Gerhana Matahari.

Subhanallah….
Itu lah kata yang keluar dari bibirku ketika untuk pertama kalinya aku melihat keajaiban dan kebesaran Yang Maha Kuasa. Gerhana Matahari, ya itulah yang aku lihat pada tanggal 15 Januari 2010 pukul 14.30 WIB. Gerhana matahari menunjukkan betapa besarnya kebesaran Allah SWT penguasa alam semesta ini.

Ketika kita melihat gerhana matahari, dianjurkan untuk menggunakan teropong atau kacamata khusus karena sinarnya bisa merusak retina mata kita. Seperti yang tampak pada gambar berikut ini :

Saya ingin berbagi pengalaman yang menegangkan ketika terjadinya gerhana bulan kemaren tepatnya tanggal 15 januari 2010. Pada pukul 14.30 WIB aku dan ibuku keluar rumah untuk mencoba melihat gerhana bulan ya walaupun cuaca saat itu mendung. Tapi alhamdulillah kami bisa melihatnya, betapa indah dan menakjubkan. Mungkin di sebagian daerah tidak terlihat seperti di Jakarta dan Bandung karena cuaca yang mendung. Kejadiaanya begitu cepat hanya dalam hitungan menit kira-kira. Pada saat kami melihat gerhana matahari tersebut, kami tidak menggunakan kaca mata hitam bahkan saking antusiasnya ibu saya menatap kagum akan keindahan yang terjadi dihadapannya tanpa berkedip. Dan tak lama kemudian mata beliau diliputi sinar yang terus menerus,bahkan ketika memejamkan mata sinar itu terus terlihat berwarna warni dari besar samapi mengecil. Aku dan ayah ku panik, apa yang terjadi. Kami takut ada apa-apa (Astagfirullah). Akhirnya ayahku menyuruh ibu ku untuk memejamkan dan mengistirahatkan sejenak matanya mungkin karena faktor lelah juga dan Alhamdulillah Wasyukrulillah ibu ku bisa kembali melihat dengan normal tanpa dibayangi sinar-sinar seperti sebelumnya. Ini bisa dijadikan pelajaran bahwa lain kali jangan melihat gerhana matahari secara langsung karena akan berbahaya bagi retina dan berakibat fatal.

Gerhana Matahari hanya akan terjadi 1000 tahun sekali dan Alhamdulliah kami masih bisa melihat kebesaran Mu ya Allah. Gerhana matahari yang terjadi pada tanggal 15 januari 2010 kemarin adalah gerhana matahari cincin. Gerhana ini bisa dilihat di seluruh belahan bumi Afrika dan Asia. Walau dengan cuaca yang tidak mendukung diselimuti awan mendung. Berikut adalah gambar yang saya kutip dari cybersabili.com :

Tentang uwiiii

suka baca novel dan suka segala sesuatu yang humoris. Ga usah terlalu serius lah tapi adakalanya keseriusan dibutuhkan dalam menghadapi sesuatu.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s