Solusi Sehat Bila Kolesterol Meningkat

Kemarin Ibu saya membeli sebuah tabloid kesehatan bernama GAYA HIDUP SEHAT no 561/ 16-22 April 2010. Majalah ini sangat berguna karena menyediakan informasi kesehatan serta tips hidup sehatnya. Ada salah satu kutipan yang menurutku sangat berguna bagi kita untuk lebih sadar akan pentingnya hidup sehat. Di bawah ini adalah kutipan tersebut :

Para ahli gizi menyarankan untuk kembali ke menu asli Tanah air dengan menganut pola makan sehat seimbang dan beragam, serta memadukannya dengan olahraga teratur. Asupan makanan berlemak tetap penting, dengan catatan memilih jenis lemak sehat dan takarannya sesuai kebutuhan.

Tak sedikit orang yang mengatasi masalah kolesterol tinggi dengan cara keliru. Mereka benar-benar menyingkirkan lemak dari menu harian, dan hasilnya bukannya sehat, tetapi datang gangguan kesehatan lain.

Bagaimanapun tubuh kita tetap memerlukan lemakantara lain untuk fungsi otak secara normal. Sejumlah studi membuktikan bahwa kadar lemak tubuh kelewat rendah terkait dengan gangguan emosi.

Studi di Duke University Medical Center misalnya, menemukan bahwa perempuan berkadar kolesterol dibawah 160 mg/dl lebih beresiko mengalami kecemasan dan depresi dibandingkan dengan perempuan berkadar kolesterol normal (180-200 mg/dl). Dua studi teranyar dari Max-Planck-Institute of Psychiati di Jerman mengungkapkan hubungan kadar kolesterol yang rendah dengan meningkatnya resiko depresi, sikap agresif, impulsif, serta bunuh diri.

Memilih lemak sehat sepeti lemak tak jenuh yang ada dalam minyak zaitun, ikan, kacang-kacangan, alpukat, selain baik untuk otak juga baik bagi jantung dengan mengurangi kolesterol total dan kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein).

Konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, padi-padian, juga dapat membantu mengurangi kolesterol tubuh.

Satu lagi solusi sehat dan praktis untuk mengikis kolesterol dari tubuh kita, yaitu mengonsumsi produk yang mengandung stanol ester, zat kimia, yang ada pada tanaman dan berfungsi mengurangi kadar kolesterol sekaligus mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh. (rin)

Tentang uwiiii

suka baca novel dan suka segala sesuatu yang humoris. Ga usah terlalu serius lah tapi adakalanya keseriusan dibutuhkan dalam menghadapi sesuatu.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s