Kucing Mengambil Lidah Anda

Seekor anjing mungkin dapat menjadi sahabat terbaik manusia. Tetapi seekor kucing selalu menajdi sahabat terbaik diri sendiri. Anda mungkin menyukai atau membencinya (seolah-olah peduli). Sepanjang sejarah mungkin kucing telah lama bersama manusia seperti binatang lain di bumi. Dengam demikian tidak berbahaya bila sampai mengatakan kucing akan berada di bumi ini sampai abad berikutnya. Tidak berati kucing berguna bagi manusia. Kucing tidak dapat mengambil surat kabar, bersalaman, atau bermain lempar frisbiee. Mungkin kucing memilih tidak melakukannya. Tapi ketidakpedulian, kesombongan, dan suara ribut nampak menempatkan kucing di dunia ini terlepas dari semua itu.

Kita semua mewmiliki tanggapan pribadi tentang kucing, Manakah dari empat kalimat berikut ini yang paling dekat dengan gambaran yang anda berikan?

1. Berjemur di matahari
2. Misterius dan tidak terduga
3. Sangat lembut untuk disentuh
4. Makhluk yang tidak mempunyai teman

Dalam piskologi Jungi, kucing mewakili prinsip feminim yang dikenal dengan anima, atau diri anda yang sebenarnya (sebagai penentang peran sosial). Penjelasan yang dipilih mengenai kucing menjelaskan diri anda yang sebenarnya, dalam segi positif dan negatif.

1. Berjemur di matahari.
Dalam menjelaskan aktivitas kucing, daripada kucing itu sendiri, anda menunjukkan sensitif terhadap tindakan alamiah di lingkungan sekitar. Ini membuat anda mudah diterima, mampu bergaul dengan baik dengan siapapun yang diitemui. Dalam sisi positif, ini berarti orang menganggap anda sangat menyenangkan pada situasi apapun. Tapi perasaan menyenangkan yang sama juga dapat membuat anda nampak sedikit dangkal atau tidak peduli dengan orang lain.

2. Misterius dan tidak terduga
Anda dengan sendirinya memilih menggambarkan kepribadian kucing, hampir solah-olah mereka adalah manusia. Sifat dan karakter kucing menarik perhatian adalah kucing yang anda sukai. Diri anda yang sebenarnya adalah sebuah kaleiodoskop, berubah dan memperbarui diri sendiri secara berkala. Ini membuat menduga sikap anda adalah tantangan rasa ingin tahu yang tidak pernah berakhir bagi orang-orang yang mencintai anda. Tapi itu juga dapat membuat anda nampak lebih sulit diterka bagi mereka yang tidak miliki waktu atau kecenderungan untuk merenungkan teka-teki.

3. Sangat lembut untuk disentuh
KUcing, sebagai obyek fisik, secara spesifik terdefinisikan dari pengaruhnya terhadap anda. Dunia dilihat sebagai sesuatu yang diciptakan untuk mendorong dan mengabdi kepada anda. Kecenderungan ini dapat memanifestasikan dirinya sebagai pancaran ketenangan atau keterlibatan yang terlalu berlebihan. Tapi kemungkinan besar jika anda belum merasa bahwa sesuatu memiliki pengaruh langsung terhadap hidup anda, maka pengetahuan ini tidak akan menarik sama sekali.

4. Makhluk yang tidak mempunyai teman
Anda mendefinisikan kucing dalam istilah sosial, menunjukkan penekanan pada peranan yang anda tempatkan pada individu di dalam (atau di luar) kelompok. Pilihan anda “tidak memiliki teman” menjelaskan kondisi kucing lebih dari sekadar binatang kecil berbulu warna-warni yang memliki perasaan. Kesendirian dan kesepian tidak dialami olehnya. Anda sudah terbiasa dengan dunia emosional dan sosial. Sehingga membuat anda terlihat peduli, hangat, dan perhatian kepada orang lain. Tapi itu juga dapatmembuat anda nampak terlalusensitif dan sensasional ketika terlalu mengekspresikan perasaan.

Hmmmm……Pertanyaan seperti ini pernah diajukan kepada saya pada saat rekruitmen asissten Laboratorium di kampus ku. Pada saat interview, aku mendapatkan pertanyaan seperti ini dan yang aku jawab adalah “karena saya takut kucing, jadi saya pilih jawaban yang no.2 yaitu misterius dan tidak terduga”. Pada saat itu aku ga tau apa maksud dari pertanyaan itu, tapi aku yakin pasti ada maksud yang terselubung di balik pertanyaan tersebut. Ternyata aku telah mendapatkan jawabannya, yaitu seperti yang saya kutip dari sebuah buku diatas. Hasil dari interview itu adalah aku tidak diterima sebagai asissten Lab itu, hadooouuuhh….tapi aku ga tau atas dasar apa atau mungkin atas jawaban ku tentang kucing ini. Tapi aku tidak mempermasalahkan itu, yang penting semua ini bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk ke depannya.^^

DAFTAR PUSTAKA
Nagao, Tadahiko dan Isamu Saito. 2005. Kokology 2. PT. Pustaka Delapratasa

Tentang uwiiii

suka baca novel dan suka segala sesuatu yang humoris. Ga usah terlalu serius lah tapi adakalanya keseriusan dibutuhkan dalam menghadapi sesuatu.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s