Berburu Kamar Kos!

Setiap mahasiswa pasti pernahmengalami hal ini, yaitu BerburuKamar Kos!. Yup itu adalah salah satu nasib mahasiswa apalagi yang memang berasal dari daerah yang tidak memungkinkan untuk pulang pergi untuk kuliah, mau tidak mau mahasiswa tu harus ngekos.

Anak Kosan? mungkin pikiran yang terlintas di otak anda adalah pergaulan bebas, susah makan, susah duit, sengsara, dan sebagainya. Tapi tidak semua seperti itu. Semua tergantung dari pribadi individu itu sendiri, mereka harus bisa memanage diri sendiri dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Penyebab seseorang ngekos adalah karena tempat tinggalnya jauh dengan kampus dimana dia kuliah yang tidak memungkinkan jika tiap hari harus menempuh jarak jauh untuk pulang pergi kuliah, maka pasti akan diputuskan untuk ngekos. Itu berarti kita sedang berada jauh dari pengawasan orang tua, dan kita harus bisa bertanggung jawab atas kepercayan orang tua yang sudah diberi ke kita untuk ngekos, banyak dari mereka yang beranggapan bahwa jauh dari orang tua berarti bebas melakukan apapun termasuk hal-hal yang menjerumuskan kedalam lubang “pergaulan bebas”, justru itlah salah satu bentuk ketidakbertanggungjawaban atas kepercayan orang tua. Maka seperti yang aku katakan tadi, semua tergantung dari individu itu sendiri, kalau dia bisa bertanggung jawab pasti tidak akan berdampak negatif malahan bisa berdampak positif salah satunya dengan hidup sebagai anak kos bisa hidup lebih mandiri karena semua dilakukan sendiri dari mulai mencuci baju sampai memasak dan bisa belajar hidup hemat karena mau tidak mau harus bisa memanfaatkan uang kiriman dari orang tua dengan sebaik mungkin hingga paling tidak untuk akhir bulan. hehe…

ada tips tentang “Berburu Kamar KOs” dari majalah yang pernah saya baca yaitu Cita Cinta No.18/X 27 AGS- 10 SEPT, 2008, yaitu sebagai berikut :

1. Pagi-siang-malam
Hunting di beberapa waktu berbeda membuat kita tahu
kondisi tempat kos sebenarnya. Meski siang damai sentosa, bisa jadi
malamnya di sekitar situ suka banyak preman mabuk-mabukkan.

2. PDKT si Sepuh
Kalau kita suka tempat kos salah satu senior dan dia sebentar lagi
lulus, tawarkan diri untuk jadi penerus sebelum diserobot calon
penghuni lain! Jangan lupa beramah-tamah dengan calon ibu kos,
sok cari muka gitu. hehehe…

3. Dikelilingi Makanan
Bukan cuma enak dan murah meriah, tapi juga higienis. Bagi kita
yang suka lapar menjelang tengah malam, tukang jajanan 24 jam
hukumnya wajib!

4. Awas MR. Genit
Meski kesannya sepele, punya bapakkos nggak genit, tuh
sebenarnya krusial. Nggak mau kan disewotin ibu kos gara-gara
suaminya suka melirik kita? belum lagi kalau bapak kosnya usil,
misalnya berusaha ngintip kita, main-amit, ah!

5. Sedang-Sedang Saja
Jarak tempat kos ke kampus sebaiknya sedang-sedang saja, nggak
terlalu dekat atau jauh. Kalau terlalu dekat, kos kita berpotensi
dijadikan basecamp, sehingga kita susah istirahat. Sebaliknya kalau
terlalu jauh, kita mesti keluar uang lagi buat transport pengeluatan
jadi dobel, deh.

6. 1:3
Kebayang dong, gimana chaos-nya suasana di pagi hari
kalau terdiri atas 10 kamar sementara toilet dan kamar mandinya
cuma ada satu? idealnya satu toilet untuk tiga-empat kamar.

7. Toleransi Sewa
sudah bukan rahasia kalau kiriman uang buat anak kos kadang
nggak mulus, sehingga sering nunggak bayar sewa. Karena itu,
punya ibu kos yang penuh toleransi akan lebih menguntungkan. Tapi
jangan lantas ngelunjak, dong!

Mahal = Mutu? meski nggak selalu, harga sewa sering berbanding lurus dengan kualitas. Semakin mahal harganya, fasilitas yang idtawarkan juga makin sip. Jadi, kalau budget kos memang nggak terlalu besar, ya jangan berharap terlalu muluk juga. Yang penting tempatnya aman, nyaman, dan bisa mengakomodir kebutuhan kita., Happy Hunting!

Semoga tips sebutkan diatas sebagaimana yang dikutip dari majalah Cita Cinta tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya kalian yang sedang mencari kosan! Selamat mencoba….^-^

Tentang uwiiii

suka baca novel dan suka segala sesuatu yang humoris. Ga usah terlalu serius lah tapi adakalanya keseriusan dibutuhkan dalam menghadapi sesuatu.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s